200K ++ URL 415++ XML File Google Index Report

Sobat Pesona Dunia, kali ini saya akan berbagi mengenai proses pengindexan url pada Search Console sebanyak 200K lebih URL yang disubmit.

200K ++ URL 415++ XML File  Google Index Report


Posting terkait sebelumnya : Indexing 200k Plus URL Blog Konten.

Saya sendiri belum memahami bagaimana cara kerja google webmaster tool melalui Google Botnya dalam cara mengindex sebuah website. Ada beberapa cara yang dapat digunakan dalam proses ini:

  1. Submit list url tersedia pada domain dengan cara submit Sitemap, sesuai guideline gunakan sitemap index supaya lebih ringkes.
  2. Submit url satu per satu ke halaman google submit url, bisa melalui search console dengan login ke dashboard terlebih dahulu ataupun langsung ke form submit url. Khusus yang ini harus submit satu per satu url yang tersedia. Kebayang 200k+ url satu persatu? Pegel.

Cara pertamalah yang saat ini saya jalankan. Lebih simpel dan lebih mudah monitoring apabila ada report link error pada sitemap yang disubmit sehingga memudahkan pula untuk memanage halaman mana saja yang memiliki eror dan ketahuan erornya apa.

Hingga malam ini tercatat beberapa kali perubahan :


  • Hari pertama ke index 38 url, belum ada traffic dari google search
  • Hari kedua ke index 383 url, belum ada traffic dari google search
  • Hari ketiga ke index 580 url, belum ada traffic dari google search
  • Hari keempat ke index 30 url, traffic sudah tercatat sebanyak 165 kali  dengan halaman tujuan bermacam - macam. 
Saya masih belum yakin pengunjung dimaksud adalah manusia, bukan karen tidak percaya diri dengan system yang dibuild dan target keyword yang diharapkan namun dari report terlihat adanya penurunan yang signifikan setelah naik dengan signifikan pula.

200K ++ URL 415++ XML File  Google Index Report

Saya simpulkan bahwa traffik ini adalah dari BOT SEARH ENGINE atau BOT WEB DIRECTORY.

Kenapa saya bilang tidak yakin?

Bila Anda pengguna virtual private server atau dedicated server dalam arti memanage server Anda sendiri secara langsun, Anda pasti dapat login ke root shell server dan memonitor traffic dari sana.

Saya sendiri menggunakan httpd apache 2.

Commandnya pada shell linux (khusys centos 7) systemctl status httpd.service.

Saat saya lihat traffic berjalan selalu 0b/second, artinya tidak ada permintaan koneksi dari manapun pada saat itu. Memang terkadang ada perubahan pada trafik menjadi 1b/second. Ga yakin itu permintaan dari browser, sebab saya menggunakan gambar berukuran 500px per gambar dan dalam satu halaman ada yang sampai 12 gambar sedang biasanya ukuran 1kilo dalam transfer data menjadi 1 byte hanyalah data text tanpa gambar.

Nah, dari analisa singkat tak beralasan ini saya yakin betul traffic datang dari BOT walaupun sampai saat ini saya sendiri belum dapat mengetahui bot manakah yang saat itu termonitor berkunjung.

Setidaknya dari hasil dump request.log ada 3 bot yang sering berkunjung, yaitu GOOGLE BOT (NEW,IMAGE,Normal), BING BOT, YANDEX BOT.

Ada sedikit kekecewaan sebenarnya saaat cek index url turun drastis namun siis lain sedikit berharap dengan 3 bot tadi ada peluang suatu hari, mungkin minggu depan, url terindex sudah mencapai puluhan ribu, 3 bot sekaligus secara logika masa iya gagal semua.

Akhirnya saya hanya dapat berharap, berdoa dan menanti setelah semua proses fisik dijalankan yang dapat manusia lakukan adalah berharap dengan doa yang seyakin yakinnya.

Demikian report singkat indexing 200K ++ URL dengan submit 415++ XML File dan 217K URL. Kita sambung lagi pada report berikutnya.

Comments

Popular posts from this blog

Auditing systemd : How To Solving Failed Units with Systemctl Centos 7

Basic Cat Command Examples in Linux

Indexing 200K Plus URL Blog Konten